Kamis, 29 Maret 2012

Taman Nasional Baluran [Situbondo] - Secuil Afrika di Tanah Jawa

Taman Nasional Baluran
Satu lagi bukti nyata keindahan alam Indonesia, Taman Nasional Baluran merupakan kawasan dengan ekosistem yang cukup lengkap, wilayah taman nasional ini meliputi pegunungan, hutan, savanah, dan pantai. dengan habitat yang sangat beragam seperti banteng jawa, macan tutul, anjing hutan, rusa timor, kijang, dan berbagai jenis keluarga reptil dan burung-burung. selain itu, wilayah perairan di kawasan ini juga memiliki keindahan taman bawah laut yang mempesona. 40% wilayah Taman Nasional Baluran merupakan ekosistem savanah atau padang rumput. karena itu taman nasional yang terletak di ujung timur pulau jawa ini juga dikenal sebagai miniatur pariwisata afrika di Indonesia. :)

Taman Nasional Baluran masuk dalam wilayah Situbondo dan Banyuwangi, akses menuju Baluran terbilang mudah karena taman nasional ini dilewati jalur pantura yang menghubungkan Surabaya-Banyuwangi. fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Baluran juga cukup memadai.

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran
Akses : Dari Surabaya naik bis jurusan Banyuwangi; turun di Pintu Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo.
Tempat - tempat menarik untuk di kunjungi:
  • Pantai Bama : sebuah pantai yang sangat indah; hutan di sekitar pantai Bama juga kaya akan flora fauna yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. pantai bama juga memiliki keindahan taman bawah laut yang mempesona. terdapat sebuah pesanggrahan [shelter] dengan kapasitas sekitar 28 orang.
  • Curah Tangis : bagi anda yang gemar melakukan kegiatan rock climbing, baluran juga mempunyai spot menarik untuk menyalurkan hobi anda. dengan ketinggian sekitar 30-40 meter, tebing ini sangat menantang untuk di panjat.
  • Goa Jepang Baluran : terletak di wonorejo, tidak terlalu menarik. namun bisa melengkapi perjalanan anda menjelajahi taman nasional baluran.
  • Sumur Tua : konon sumur ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit
  • Evergeen Forest : hutan hijau sepanjang tahun. dihutan ini terdapat jalur untuk mengamati flora fauna
  • Savanah Bekol : afrika di jawa. Bekol merupakan hamparan luas padang savanah. di sini terdapat sebuah menara pandang untuk mengamati aktifitas satwa liar seperti banteng jawa, kijau, anjing liar, merak, dll.
  • Gunung Baluran : gunung dengan ketinggian sekitar 1247 mdpl
  • Pantai Bilik & Pantai Sijile : seperti Bama, pantai ini juga memiliki keindahan alami yang mempesona, hanya saja masih belum ada pesanggrahan di sekitar pantai ini.
  • dll
Fasilitas : Guide, Penginapan, Information Center, Visitor Center, Mangrove Trail [jalur wisata yang membelah hutan bakau di sekitar Bama], Menara Pantau, dll

Pantai Bama [Baluran]
Aktifitas : berbagai macam aktifitas menarik bisa kita lakukan di Taman Nasioanl Baluran, mulai dari trekking, hiking, snorkling, diving, climbing, fishing, dll. dari menara pandang di savanah Bekol kita bisa mengamati seluruh penjuru savanah dan segala kegiatan satwa yang terjadi. jika beruntung mungkin kita bisa menyaksikan macan tutul atau anjing liar yang sedang berburu kawanan kijang atau rusa.

meskipun terkenal dengan habitat banteng jawa, jumlah populasi satwa tersebut ternyata barada dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan. menurut pihak pengelola Taman Nasional Baluran, bukan populasi banteng jawa saja yang mengalami penurunan, melainkan juga jumlah populasi rusa timor dan kijang. sedangkan untuk populasi macan tutul dan anjing liar masih dalam batas aman karena posisi mereka sebagai predator / pemangsa.

Rusa Timor - Taman Nasional Baluran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar